Minggu, 22 April 2012

Analisis Perusahaan Martabak Mini





Executive Summary
a.      Synopsis
Dalam bidang pemasaran analisis merupakan kajian penting untuk mengetahui posisi produk dimata konsumen selain itu hasil dari analisis dapat digunakan untuk membantu melakukan pengembangan produk yang nantinya mengarah pada pengembangan perusahaan. Pada bahasahan kali ini penulis tertarik untuk melakukan analisis SWOT dengan objek perusahaan kecil menengah “Martabak Mini Lezat”
Alasan berdirinya usaha :
            Martabak Mini LEZAT mengkhususkan produknya pada martabak manis dan asin dengan ukuran kecil (diameter 12 cm), karena itu dapat disebut  MARTABAK MINI.  Beberapa hal yang menjadi alasan diantaranya adalah :
a.       Dengan ukuran yang kecil, memungkinkan konsumen bisa menikmati martabak dari berbagai variant rasa dengan harga yang lebih murah. Hal yang tidak bisa dilakukan dalam martabak ukuran standar.sehingga juga cocok untuk pelajar dan mahasiswa.
b.      Kenyataan di lapangan, seringkali martabak yang dibeli oleh konsumen terutama konsumen dengan jumlah anggota keluarga yang kecil, tidak habis termakan. Dengan ukuran yang kecil konsumen bisa membeli martabak secukupnya
Hasil analisis berupa kekuatan,kelemahan,peluang,dan ancaman nantinya akan dipergunakan untuk mendukung misi perusahaan melalui perbaikan-perbaikan dan pengembangan.
b.      Aspek utama dalam perencanaan pemasaran
-          Product
Martabak dengan berbagai ukuran namun mengkhususkan diri membuat martabak manis dan gurih/asin berukuran mini hingga jumbo sesuai dengan permintaan pelanggan.
-          Place
Lokasi berada di dekat pusat keramaian terdiri dari tiga cabang,terletak di pusat perbelanjaan,area kampus dan perempatan jalan.
-          Promotion
Promosi selama ini dilakukan melalui face to face karena perusahaan martabak mini sendiri terkenal karena rasanya dan bentuknya yang berbeda,selain itu promosi juga dilakukan lewat brosur dan banner.
-          Price
Harga yang ditawarkan cukup terjangkau untuk martabak manis mini hingga jumbo dipathok dengan harga Rp.3000 hingga Rp.25.000 tergantung jenis dan ukuran.
Sednagkan untuk martabak asin dipathok dengan harga Rp.5000 hingga Rp. 30.000 tergantung jenis dan ukuran.

BAB II
ANALISIS SITUASI
a.       Analisis lingkungan internal
Analisis lingkungan internal meliputi beberapa aspek sebagai berikut:
-          SDM atau tenaga kerja
Tenaga kerja yang dimiliki oleh perusahaan martabak mini lezat masih kurang yaitu hanya 6 orang disetiap cabang dan ada 3 cabang dijember sehingga total karyawan 18 orang hal ini dinilai kurang dan butuh penambahan karyawan karena setiap akhir pekan penjualan meningkat sehingga membutuhkan karyawan tambahan saat hari-hari libur terutama untuk cabang yang berada di pusat perbelanjaan. Disisi lain ketrampilan khusus karyawan perusahaan menjadi kekuatan karena karyawa tersebut memiliki kemampuan untuk mengolah racikan bahan martabak mini lezat menjadi berbeda dengan pesaing
-          Peralatan dan Teknologi yang digunakan
Teknologi dan perlatan yang dimiliki perusahaan ini cenderung terbatas karena perusahaan tersebut masih menggunakan alat-alat manual dengan kapasitas terbatas saat melayani konsumen,hal ini dikarenakan modal usaha terbatas untuk membeli peralatan yang canggih.
-          Sumber Modal
Modal usaha perusahaan ini didapat dari modal sendiri dan sekitar 20% modal pinjaman dari bank

b.      Analisis lingkungan pelanggan
Analisis lingkungan pelanggan meliputi bebrapa sapek sebagi berikut :
-          Target pasar
Target pasar yang dituju terutama pelanggan yang berkeluarga dan mahasiswa
-          Antisipasi perubahan
Untuk antisipasi terhadap perubahan perusahaan martabak mini lezat ini selalu melakukan inovasi produk contohnya: baru-baru ini perusahaan tersebut menghadirkan rasa baru yaitu rasa pedas dan ayam cincang.
-          Focus konsumen
Hal ini berkaitan dengan seberapa baik perusahaan menghadirkan produk yang sesuai kebutuhan dan keinginan konsumen,perusahaan martabak mini sudah melakukan hal tersebut saat awal membuka usaha dan terus melakukan pengembangan melalui riset mengenai apa yang diinginkan oleh konsumen, dapat dilihat pada inovasi bentuk dibuat sekecil mungkin agar konsumen tidak jenuh dengan rasa yang sama.

c.       Analisis lingkungan eksternal
-          Pesaing
Pesaing merupakan hal yang perlu diperhatikan oleh perusahaan karena dalam sebuah bisnis selalu tidak lepas dari adanya persaingan di dalamnya (kecuali BUMN) hal ini sangat berpengaruh pada perusahaan karena jenis  usaha ini sangat mudah untuk ditiru sehingga ancaman dari pesaing merupakan ancaman terbesar perusahaan
Ada beberapa pesaing yang mulai meniru cara kerja perusahan ini.
-          Ekonomi
Kondisi ekonomi akhir-akhir ini juga mempengaruhi kondisi perusahaan seperti yang terjadi baru-baru ini akan dinaikan bbm pada awal april serta fluktuasi harga bahan bakar, walaupun batal namun sempat mempengaruhi kenaikan bahan pelengkap (bumbu,mesis,selay).
-          Budaya
Budaya masyarakat sekitar yang gemar membeli makan ringan termasuk martabak, sangat mempengaruhi penjualan produk tersebut.


BAB III
ANALISIS SWOT
a.       Kekuatan
1.    Harga produk terjangkau oleh semua kalangan masyarakat
2.    Tenaga kerja memiliki ketrampilan khusus karena karyawan yang direkrut   melalui test ketrampilan dan dibekali ketrampilan khusus selama tiga bulan
3.    Mempunyai banyak pilihan rasa karena perusahaan terus melakukan inovasi rasa
4.    Kualitas dan Cita rasa yang berbeda
5.    Membuka cabang baru
6.    Pelayanan baik dan ramah

b.      Kelemahan
1. Kurangnya promosi atau periklanan
2. Lahan parkir sempit untuk sebagain besar cabang memliliki lahan parkir terbatas
3. Kurangnya jumlah karyawan
4. Terbatasnya teknologi
5. Manajemen keuangan belum tertata rapi
      c. Peluang
1. Adanya peningkatan jumlah pelajar/mahasiswa setiap tahun yang masuk kewilayah kabupaten jember
2. Jajanan ringan semakin diminati oleh semua kalangan masyarakat
3. Hubungan dengan pemasok berjalan baik
4. Lokasi yang strategis,dekat pusat keramaian seperti daerah kampus,perempatan jalan,di pusat perbelanjaan dan lainnya

5.Daya beli masyarakat meningkat

     d.  Ancaman
1. Fluktuasi harga bahan bakar minyak
2.Munculnya pesaing baru
3.Adanya pungutan liar
4.Kenaikan harga bahan pelengkap yang dipengaruhi kondisi ekonomi
5.Adanya isu-isu tentang jajanan yang tidak sehat
6.Kenaikan UMR (upah minimum regional) karyawan.

e.    Analisis matriks SWOT


Analisis 
Dari hasil analisis diatas perusahaan martabak mini lezat berada pada posisi SO yaitu menggunakan strategi Agresif dimana mencakup kondisi kekuatan lebih besar dari kelemahan dan peluang lebih besar dari ancaman sehingga alternatif strategi yang bisa diambil meliputi: 
• Integrasi ke belakang,integrasi ke depan,integrasi horizontal 
• Penetrasi pasar 
• Pengembangan pasar 
• Pengembangan produk 

e. Pengembangan keunggulan bersaing 
Pada dasarnya studi yang dilakukan Porter menetapkan strategi generik yang diklasifikasikan dalam tiga kategori, yaitu cost leadership, diferensiasi, dan focus. Pilihan tiap-tiap perusahaan terhadap strategi generik di atas akan bergantung kepada analisis lingkungan usaha untuk menentukan peluang dan ancaman.sedangkan hasil dari analisis diatas strategi yang dikembangkan lebih ke arah differensiasi produk dengan menonjolkan ukuran dan rasa yang berbeda 

f. Pengembangan strategi focus 
Dari alternatif diatas strategi focus pengembangan yang tepat untuk martabak mini lezat adalah penetrasi pasar dan pengembangan produk 
Berdasarkan hasil yang didapat maka Martabak Mini Lezat harus menggunakan strategi agresif dimana mencakup kondisi Kekuatan dan peluang pada posisi berkembang (Strategi SO), yaitu dengan: 
  • Mempertahankan harga dan kualitas guna mempertahankan loyalitas pelanggan
  • Terus melakukan inovasi dan pengembangan produk,cita rasa,dan pelayanan untuk menghambat laju posisi pesaing dalam pasar dengan memanfaatkan peluang yang ada


















1 komentar:

  1. Casino game developer - Drmcd
    Find out the latest news 목포 출장안마 and latest information on the Casino 제천 출장샵 Game Developer 보령 출장샵 platform, 강원도 출장안마 as well as what it has to offer. 밀양 출장안마 Learn more. Rating: 2 · ‎1 vote

    BalasHapus