Executive
Summary
a.
Synopsis
Dalam bidang pemasaran analisis
merupakan kajian penting untuk mengetahui posisi produk dimata konsumen selain
itu hasil dari analisis dapat digunakan untuk membantu melakukan pengembangan
produk yang nantinya mengarah pada pengembangan perusahaan. Pada bahasahan kali
ini penulis tertarik untuk melakukan analisis SWOT dengan objek perusahaan
kecil menengah “Martabak Mini Lezat”
Alasan berdirinya usaha :
Martabak
Mini LEZAT mengkhususkan produknya pada martabak manis dan asin dengan ukuran
kecil (diameter 12 cm), karena itu dapat disebut MARTABAK MINI. Beberapa hal yang menjadi alasan diantaranya adalah
:
a. Dengan
ukuran yang kecil, memungkinkan konsumen bisa menikmati martabak dari berbagai
variant rasa dengan harga yang lebih murah. Hal yang tidak bisa dilakukan dalam
martabak ukuran standar.sehingga juga cocok untuk pelajar dan mahasiswa.
b. Kenyataan
di lapangan, seringkali martabak yang dibeli oleh konsumen terutama konsumen
dengan jumlah anggota keluarga yang kecil, tidak habis termakan. Dengan ukuran
yang kecil konsumen bisa membeli martabak secukupnya
Hasil analisis berupa kekuatan,kelemahan,peluang,dan
ancaman nantinya akan dipergunakan untuk mendukung misi perusahaan melalui
perbaikan-perbaikan dan pengembangan.
b. Aspek
utama dalam perencanaan pemasaran
-
Product
Martabak
dengan berbagai ukuran namun mengkhususkan diri membuat martabak manis dan
gurih/asin berukuran mini hingga jumbo sesuai dengan permintaan pelanggan.
-
Place
Lokasi
berada di dekat pusat keramaian terdiri dari tiga cabang,terletak di pusat
perbelanjaan,area kampus dan perempatan jalan.
-
Promotion
Promosi
selama ini dilakukan melalui face to face karena perusahaan martabak mini
sendiri terkenal karena rasanya dan bentuknya yang berbeda,selain itu promosi
juga dilakukan lewat brosur dan banner.
-
Price
Harga
yang ditawarkan cukup terjangkau untuk martabak manis mini hingga jumbo
dipathok dengan harga Rp.3000 hingga Rp.25.000 tergantung jenis dan ukuran.
Sednagkan
untuk martabak asin dipathok dengan harga Rp.5000 hingga Rp. 30.000 tergantung
jenis dan ukuran.
BAB
II
ANALISIS
SITUASI
a. Analisis
lingkungan internal
Analisis lingkungan internal
meliputi beberapa aspek sebagai berikut:
-
SDM atau tenaga kerja
Tenaga
kerja yang dimiliki oleh perusahaan martabak mini lezat masih kurang yaitu
hanya 6 orang disetiap cabang dan ada 3 cabang dijember sehingga total karyawan
18 orang hal ini dinilai kurang dan butuh penambahan karyawan karena setiap
akhir pekan penjualan meningkat sehingga membutuhkan karyawan tambahan saat
hari-hari libur terutama untuk cabang yang berada di pusat perbelanjaan. Disisi
lain ketrampilan khusus karyawan perusahaan menjadi kekuatan karena karyawa
tersebut memiliki kemampuan untuk mengolah racikan bahan martabak mini lezat
menjadi berbeda dengan pesaing
-
Peralatan dan Teknologi yang digunakan
Teknologi
dan perlatan yang dimiliki perusahaan ini cenderung terbatas karena perusahaan
tersebut masih menggunakan alat-alat manual dengan kapasitas terbatas saat
melayani konsumen,hal ini dikarenakan modal usaha terbatas untuk membeli
peralatan yang canggih.
-
Sumber Modal
Modal
usaha perusahaan ini didapat dari modal sendiri dan sekitar 20% modal pinjaman
dari bank
b. Analisis
lingkungan pelanggan
Analisis lingkungan pelanggan
meliputi bebrapa sapek sebagi berikut :
-
Target pasar
Target
pasar yang dituju terutama pelanggan yang berkeluarga dan mahasiswa
-
Antisipasi perubahan
Untuk
antisipasi terhadap perubahan perusahaan martabak mini lezat ini selalu
melakukan inovasi produk contohnya: baru-baru ini perusahaan tersebut
menghadirkan rasa baru yaitu rasa pedas dan ayam cincang.
-
Focus konsumen
Hal
ini berkaitan dengan seberapa baik perusahaan menghadirkan produk yang sesuai
kebutuhan dan keinginan konsumen,perusahaan martabak mini sudah melakukan hal
tersebut saat awal membuka usaha dan terus melakukan pengembangan melalui riset
mengenai apa yang diinginkan oleh konsumen, dapat dilihat pada inovasi bentuk
dibuat sekecil mungkin agar konsumen tidak jenuh dengan rasa yang sama.
c. Analisis
lingkungan eksternal
-
Pesaing
Pesaing
merupakan hal yang perlu diperhatikan oleh perusahaan karena dalam sebuah
bisnis selalu tidak lepas dari adanya persaingan di dalamnya (kecuali BUMN) hal
ini sangat berpengaruh pada perusahaan karena jenis usaha ini sangat mudah untuk ditiru sehingga
ancaman dari pesaing merupakan ancaman terbesar perusahaan
Ada
beberapa pesaing yang mulai meniru cara kerja perusahan ini.
-
Ekonomi
Kondisi
ekonomi akhir-akhir ini juga mempengaruhi kondisi perusahaan seperti yang
terjadi baru-baru ini akan dinaikan bbm pada awal april serta fluktuasi harga
bahan bakar, walaupun batal namun sempat mempengaruhi kenaikan bahan pelengkap
(bumbu,mesis,selay).
-
Budaya
Budaya
masyarakat sekitar yang gemar membeli makan ringan termasuk martabak, sangat
mempengaruhi penjualan produk tersebut.
BAB
III
ANALISIS SWOT
a. Kekuatan
1. Harga
produk terjangkau oleh semua kalangan masyarakat
2. Tenaga
kerja memiliki ketrampilan khusus karena karyawan yang direkrut melalui test ketrampilan dan dibekali
ketrampilan khusus selama tiga bulan
3. Mempunyai
banyak pilihan rasa karena perusahaan terus melakukan inovasi rasa
4. Kualitas
dan Cita rasa yang berbeda
5. Membuka
cabang baru
6. Pelayanan
baik dan ramah
b. Kelemahan
1. Kurangnya promosi atau
periklanan
2. Lahan parkir sempit untuk sebagain
besar cabang memliliki lahan parkir terbatas
3. Kurangnya jumlah karyawan
4. Terbatasnya teknologi
5. Manajemen keuangan belum tertata
rapi
c.
Peluang
1. Adanya peningkatan jumlah pelajar/mahasiswa
setiap tahun yang masuk kewilayah kabupaten jember
2. Jajanan ringan semakin diminati oleh semua
kalangan masyarakat
3. Hubungan dengan pemasok berjalan baik
4.
Lokasi yang strategis,dekat pusat keramaian seperti daerah kampus,perempatan
jalan,di pusat perbelanjaan dan lainnya
5.Daya beli masyarakat meningkat
d. Ancaman
1. Fluktuasi harga bahan bakar minyak
2.Munculnya pesaing baru
3.Adanya pungutan liar
4.Kenaikan harga bahan pelengkap yang dipengaruhi
kondisi ekonomi
5.Adanya isu-isu tentang jajanan yang tidak sehat
6.Kenaikan UMR (upah minimum regional) karyawan.
e. Analisis
matriks SWOT
Analisis
Dari hasil analisis diatas perusahaan martabak mini lezat berada pada posisi SO yaitu menggunakan strategi Agresif dimana mencakup kondisi kekuatan lebih besar dari kelemahan dan peluang lebih besar dari ancaman sehingga alternatif strategi yang bisa diambil meliputi:
• Integrasi ke belakang,integrasi ke depan,integrasi horizontal
• Penetrasi pasar
• Pengembangan pasar
• Pengembangan produk
e. Pengembangan keunggulan bersaing
Pada dasarnya studi yang dilakukan Porter menetapkan strategi generik yang diklasifikasikan dalam tiga kategori, yaitu cost leadership, diferensiasi, dan focus. Pilihan tiap-tiap perusahaan terhadap strategi generik di atas akan bergantung kepada analisis lingkungan usaha untuk menentukan peluang dan ancaman.sedangkan hasil dari analisis diatas strategi yang dikembangkan lebih ke arah differensiasi produk dengan menonjolkan ukuran dan rasa yang berbeda
f. Pengembangan strategi focus
Dari alternatif diatas strategi focus pengembangan yang tepat untuk martabak mini lezat adalah penetrasi pasar dan pengembangan produk
Berdasarkan hasil yang didapat maka Martabak Mini Lezat harus menggunakan strategi agresif dimana mencakup kondisi Kekuatan dan peluang pada posisi berkembang (Strategi SO), yaitu dengan:
- Mempertahankan harga dan kualitas guna mempertahankan loyalitas pelanggan
- Terus melakukan inovasi dan pengembangan produk,cita rasa,dan pelayanan untuk menghambat laju posisi pesaing dalam pasar dengan memanfaatkan peluang yang ada
Casino game developer - Drmcd
BalasHapusFind out the latest news 목포 출장안마 and latest information on the Casino 제천 출장샵 Game Developer 보령 출장샵 platform, 강원도 출장안마 as well as what it has to offer. 밀양 출장안마 Learn more. Rating: 2 · 1 vote